KEDUDUKAN, TUGAS POKOK DAN FUNGSI

                       Dinas Kearsipan dan Perpustakaan merupakan unsur pelaksana urusan pemerintahan bidang  kearsipan dan perpustkaan yang dipimpin oleh Kepala Dinas, berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada bupati melalui Sekretaris Daerah.

            Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mempunyai tugas Membantu Bupati dalam melaksanakan urusan pemerintahan bidang kearsipan dan perpustakaan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada daerah.

Sedangkan dalam melaksanakan tugas Dinas Keasipan dan Perpustakaan menyelenggarakan fungsi :

           1.    Perumusan, pelaksanaan koordinasi, pelaksanaan, pembinaan dan fasilitasi kebijakan di bidang kearsipan dan perpustakaan

  • Pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang kearsipan dan perpustakaan
  • Pelaksanaanfungsi kesekretariatan dinas
  • Pengendalian penyelenggaraan tugas UPTD
  • Pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

                        Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dalam melaksanakan tugas dan fungsi membawahi :

  • Sekretariat

Sekretariat Dinas adalah unsur pembantu pimpinan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris.

Sekretariat mempunyai tugas melakukan perencanaan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pembinaan dan fasilitasi pemantauan, evaluasi serta pelaporan kebijakan bidang ketatausahaan, hukum, keuangan, kerumahtanggaan, kerjasama, kearsipan, dokumen, keorganisasian dan ketatalaksanaan, kehumasan, kepegawaian, pelayanan administrasi di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan.

  • Bidang Kearsipan

Bidang Kearsipan adalah unsur pelaksana Dinas Kearsipan dan Perpustakaan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

Bidang Kearsipan mempunyai tugas  perencanaan, perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pembinaan dan fasilitasi, pemantauan, evaluasi serta pelaporan kebijakan bidang pengelolaan arsip dinamis pemerintah daerah dan BUMD, arsip statis yang diciptakan oleh pemerintah kabupaten, BUMD, perusahaan swasta yang kantor usahanya ada didaerah, organisasi kemasyarakatan  didaerah, organisasi politik didaerah, pemerintahan desa dan tokoh masyarakat didaerah, simpul jaringan dalam Sistim Informasi Kearsipan Nasional (SIKN ) melalui Jaringan Informasi Kearsipan Nasional ( JIKN ) didaerah, mengarahkan pemusnahan arsip didaerah, pemusnahan arsip di lingkungan pemerintah daerah yang memiliki retensi 10 tahun, perlindungan dan penyelamatan arsip akibat bencana berskala daerah, penyelamatan arsip perangkat daerah yang digabung dan dibubarkan, serta pemekaran kecamatan/desa/kelurahan, otentifikasi arsip statis dan arsip hasil alih media yang dikelola oleh lembaga kearsipan daerah, pencarian arsip statis yang pengelolaan menjadi kewenangan daerah yang dinyatakan hilang dalam bentuk daftar pencarian arsip, penerbitan izin penggunaan arsip yang bersifat tertutup yang disimpan di lembaga kearsipan daerah.

  • Bidang Perpustakaan

Bidang Perpustakaan adalah unsur pelaksana Dinas  Kearsipan dan Perpustakaan berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas.

Bidang Perpustakaan mempunyai tugas melakukan perencanaan perumusan, pengkoordinasian pelaksanaan, pembinaan dan fasilitasi, pemantauan, evaluasi serta pelaporan kebijakan bidang pengelolaan perpustakaan tingkat daerah, pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi komunikasi ( TIK ), layanan digitalisasi informasi berbasis teknologi, pemutakhiran informasi dan koleksi bahan perpustakaan, pembudayaan gemar membaca tingkat daerah, pelestarian naskah kuno milik daerah dan pengembangan koleksi budaya etnis nusantara yang ditemukan oleh pemerintah daerah.

  • Kelompok Jabatan Fungsional