Sosialisasi di Desa Gemuruh

Pada hari Rabu, 13 November 2019, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan melalui pegawai CPNS bernama Dewi Kurniawati mengadakan pembinaan di Desa Gemueruh mengenai pengelolaan arsip inaktif, guna meningkatkan pemahaman pengelolaan arsip inaktif. Kegiatan yang diterima langsung oleh Sekretaris Desa, Bapak Eko, beserta 11 aparat lainnya, membahas mengenai pentingnya pengelolaan arsip inkatif sesuai kaidah kearsipan.

Sosialiasi ini bertujuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas aparatur Pemerintahan Desa dalam pengelolaan arsip terutama arsip inaktif. Dengan demikian secara bertahap dan berkesinambungan nantinya kemampuan Pemerintah Desa dalam mengelola arsip akan semakin meningkat.

 

Arsip tercipta seiring berjalannya aktivitas instansi bersangkutan. Semakin besar instansi maka arsip yang terciptapun semakin banyak. Permasalahan yang terkait dengan penemuan kembali arsip yang dibutuhkan tentunya semakin kompleks sehingga membutuhkan pengelolaan arsip yang tepat.

Permasalahan pengelolaan kearsipan dapat ditemui di desa gemuruh yaitu aparat yang pernah mengikuti bintek telah purna dan ilmu itu tidak ditularkan ke aparat lainya sehingga aparat dalam pengelolaan arsip inaktif menggunakan ilmu seadanya akhirnya tidak sesuai kaidah kearsipan.

Selama sosialisasi dilaksanakan, pertanyaan-pertanyaan pun berdatangan dari mereka yang tertarik dan ingin mengetahui lebih dalam tentang pengelolaan arsip inaktif. Seperti mba Yovita yang menanyakan perbedaan indeks dan kode, bapak suratman yang menanyakan fungsi dari dua warna dari kartu eskripsi, dan Bapak Badar yang menanyakan pengisian kolom kartu deskrpsi. Meraka sangat antusias sekali dalam mengikuti sosialissi yang diadakan.

Pemerintah desa merupakan ujung tombak pemerintahan yang berada di tingkat paling bawah dan bersentuhan langsung dengan pelayanan kepentingan masyarakat, maka pemberdayaan tugas dan fungsi arsip desa harus semakin ditingkatkan peran dan kapasitasnya.

Dalam pelaksanaan sosialisasi ke desa memiliki alasan kuat untuk menciptakan sistem pemerintahan yang baik di tingkat desa. Sosialisasi ini merupakan bagian dari program arsip masuk desa yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Sekretaris Desa/Kelurahan atau perangkat lainnya dalam bidang pengelolaan arsip.